Obyek Wisata Pantai Prigi Trenggalek Jawa Timur yang Memikat

Obyek Wisata Pantai Prigi Trenggalek Jawa Timur yang Memikat - Provinsi Jawa Timur memang memiliki beragam tempat wisata yang menarik. Selain wisata Gunung Kelud Kediri yang terkenal, di kota selanjutnya yang tidak terlalu jauh dari kediri yakni Trenggalek memiliki wisata pantai Prigi yang indah. 

Pantai Prigi di Trenggalek Jawa Timur ini merupakan salah satu wisata pantai andalan kabupaten Trenggalek. Pantai ini berlokasi di Desa Tasimadu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek. Jika dari pusat kota Trenggalek berjarak sekitar 48 km. Di sepanjang 4 km pantai Prigi, anda bisa menikmati pemandangan alam indah dengan pohon nyiur yang melambai serta deburan ombak yang menghantam bukit.
Wisata Pantai Prigi Trenggalek
Wisata Pantai Prigi Trenggalek

Fasilitas di Wisata Pantai Prigi Trenggalek

Pantai Prigi juga terkenal dengan Pantai Pasir putih karena memiliki pasir kecoklatan. Pantai Trenggalek satu ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan, terutama saat akhir pekan atau hari libur. Fasilitas yang disediakan di wisata Pantai Prigi Trenggalek diantaranya:
  • Penginapan
  • Rumah Makan
  • Warung & Cafe
  • Bumi Perkemahan
  • Tempat Olahraga
  • Taman Bermain
  • Area Parkir

Pantai selatan Pulau Jawa umumnya memiliki ombak yang cukup tinggi, tapi tidak pada pantai Prigi Trenggalek ini. Ombak pantai Prigi relatif kecil karena ombaknya dihadang oleh bukit atau pegunungan disekitar pantai. Jadi anda bisa bermain di pantai Prigi dengan aman.

Harga Tiket Masuk Pantai Prigi

Tiket masuk wisata pantai Prigi terbilang murah yakni Rp 6.000 per orang. Di Pantai Trenggalek ini, anda bisa berenang, bersantai, bermain air dan pasir pantai. Selain itu juga bisa mencoba mengarungi ombak dengan menyewa perahu dengan harga Rp 10.000 per orang.

Tempat Pelelangan Ikan

Tidak hanya bisa menikmati indahnya pantai Prigi sambil melakukan kegiatan pantai yang menyenangkan. Di pantai ini, anda bisa berburu ikan laut di tempat pelelangan ikan tidak jauh dari lokasi pantai Prigi. Tempat Pelelangan Ikan disingkat TPI di Pelabuhan Perikanan Nusantara(PPN) adalah sentra perekonomian dari warga setempat. Jadi tidak hanya mengandalkan hasil pengelolaan obyek wisata pantai saja, tapi masayarakat setempat juga mencari pendapatan sebagai nelayan.

Biasanya setiap pagi hari, seusai nelayan melaut, mereka menggelarkan hasil tangkapan ikan-ikannya di tempat pelelangan ikan.

Anda juga bisa berkesempatan menjumpai aktivitas nelayan yang melakukan perbaikan jala. menikmati perajin kapal tradisional yang terampil dan cekatan dalam merangkai batang – batang kayu jadi kapal. Sunggug momen dan panorama yang sayang dilewatkan.
Pantai Prigi Trenggalek
Pantai Prigi Trenggalek

Akses Jalan Ke Pantai Prigi

Untuk bisa mencapai Pantai Prigi tidak begitu sulit. Jika ditempuh dari Trenggalek,ambil jalan arah ke selatan sesudah pertigaan Durenan. Dari pertigaan Durenan sekitar 10 km ada pertigaan Bandung, suatu kecamatan yang masih masuk dalam lokasi Kabupaten Tulungagung. Sesampai di pertigaan Bandung tersebut, ambil jalan ke arah barat. Setelah itu, perjalanan ke arah Prigi tidak lagi menjumpai percabangan jalan paling utama. Anda tinggal ikuti saja jalan paling utama yang ada.

Jika ingin naik angkutan umum, perjalanan dari Surabaya bisa naik bus umum arah Trenggalek dan turun di Terminal Durenan. Setelah turun di terminal Durenan, anda tinggal memilih beragam angkutan umum pedesaan menuju Prigi.

Bila ingin menuju ke Pantai Prigi bersama dengan rombongan besar dari kota Surabaya, Anda dapat menggunakan layananan sewa bus Surabaya yang terbaik dari Lidya Trans Holiday.