Inilah 10 Wisata Air Terjun di Yogyakarta yang Wajib Anda kunjungi

Inilah 10 Wisata Air Terjun di Yogyakarta yang Wajib Anda kunjungi - Siapa sih yang tidak kenal Jogja? Kota yang terkenal akan wisata budayanya ini menyimpan berbagai tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Selain wisata Bukit Cinta dengan pemandangan alam yang tenang dan damai, di Provinsi Jawa Tengah masih ada banyak wisata alam lainnya. Salah satunya adalah wisata yang berupa air terjun di Yogyakarta. Daerahnya yang banyak dataran tinggi dan pegunungan menjadikan Yogyakarta memiliki banyak wisata air terjun. Ingin tahu, apa saja wisata air terjun di Yogyakarta yang wajib dikunjungi.

Berikut daftar wisata air terjun di Yogyakarta.


1. Air Terjun Gedangan – Bantul

Air Terjun Gedangan
Air Terjun Gedangan
Lokasi Air Terjun Gedangan terletak di balik perbukitan Imogiri. Ketinggian Air Terjun Gedangan lebih kurang 8 meter dengan muara yang kedalamannya 1 meter. Tempat wisata ini sangatlah diminati para pengunjung, selain keindahan pemandangannya, masyarakat percaya akan khasiat dari air terjun ini yang mampu mempererat hubungan pasutri dan bisa membuat awet muda..

2. Air Terjun Goa Cerme – Bantul

Air Terjun Goa Cerme
Air Terjun Goa Cerme
Lokasinya berada di Desa Guritirto, Dusun Srunggo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bantul yang tak jauh dari wana wisata Goa Cerme. Konon Goa Cerme memiliki sejarah yang berhubungan dengan cerita Wali Songo dan para pemuka agama Islam guna mencari inspirasi. 

3. Air Terjun Jogan – Gunung Kidul

Air Terjun Jogan
Air Terjun Jogan
Selain pemandangan yang indah, ada yang unik dari Air terjun Yogyakarta ini yaitu berbatasan langsung dengan laut sehingga jarang ditemui ditempat lain. Air Terjun Jogan memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan berlokasi di Desa Purwodadi Kec. Tepus Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

4. Air Terjun Parangtritis – Bantul

Air Terjun Parangtritis
Air Terjun Parangtritis
Lokasi Air Terjun Parangtritis di ujung timur Pantai Parangtritis tepatnya di Kabupaten Bantul, Yogjakarta. Air terjun Parangtritis Bantul ini sangat unik karena mengalir dari atas bukit karang di pinggir pantai.

5. Air Terjun Sidoharjo – Kulon Progo

Air Terjun Sidoharjo
Air Terjun Sidoharjo
Air Terjun Sidoharjo di Kulon Progo ini patut untuk anda kunjungi. Air terjun setinggi 75 meter ini masih cukup alami. Berlokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta.

6. Air Terjun Sri Gethuk – Gunung Kidul

Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk ini merupakan air terjun paling terkenal di Jogja. Air terjun Yogyakarta yang satu ini berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul. Anda akan menyusuri aliran Sungai Oya menggunakan perahu rakit untuk bisa sampai di lokasi air terjun Sri Gethuk.

Selain berair jernih. Air terjun Sri Gethuk ini juga sangat unik karena airnya tidak langsung jatuh dan bermuara ke sungai. Tetapi terlebih dulu mengalir di bebatuan karst sekitar sungai sehingga terlihat sangat indah.

7. Air Terjun Tlogomuncar – Sleman

Air Terjun Tlogomuncar
Air Terjun Tlogomuncar
Air Terjun Tlogomuncar lebih dikenal dengan Air Terjun Kaliurang karena berada di lereng Gunung Merapi kawasan wisata Kaliurang, Sleman. Air Terjun ini berada pada ketinggian 878 mdpl dan memiliki ketinggian sekitar 30 - 45 meter. Namun sayangnya di waktu musim kemarau umumnya air terjunnya mengalami sedikit kekeringan.

8. Curug Nglinggo – Kulon Progo

Curug Nglinggo
Curug Nglinggo
Curug Nglinggo adalah air terjun yang terletak di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Meski lokasinya terpencil tapi keindahan air terjun Nglinggo ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Suasana di Air terjun Nglinggo Kulon Progo benar-benar masih alami.

9. Grojogan Banyu Tibo – Gunung Kidul

Air terjun ini terletak di daerah perbatasan antara Semin dan daerah Wonogiri, Jawa Tengah tepatnya di Desa Karangsari, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Yogjakarta. Keberadaannya tersembunyi di balik dataran tinggi. Akses jalan menuju Grojogan Banyu Tibo cukup menantang karena harus naik turun dan masih belum ada petunjuk jalan ke lokasi ini. Anda juga akan melewati jalan setapak di pemantang sawah.

10. Grojogan Watu Jonggol – Kulon Progo

Grojogan Watu Jonggol
Grojogan Watu Jonggol
Grojogan Watu Jonggol berada di pegunungan Menoreh di dalam kawasan Desa Wisata Nglinggo tepatnya di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogjakarta. Grojogan Watu Jonggol berada di ketinggian 900 meter dibawah permukaan laut dan memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Selain Grojogan Watu Jonggol, anda juga akan menemukan dua air terjun lainnya yaitu Kedung Cumpleng dan Curug Nglinggo.