Keindahan Alam Wisata Pantai Ayah Kebumen Jawa Tengah

Keindahan Alam Wisata Pantai Ayah Kebumen Jawa Tengah - Pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Logending ini merupakan salah satu obyek wisata di Kebumen Jawa Tengah yang menarik untuk dikunjungi. Pantai Ayah ini menawarkan paduan wisata hutan Logending dengan wisata bahari.

Hamparan pasir yang luas dan landai dengan air yang jernih membuat pemandangan di pantai Ayah semakin menawan. Tak hanya bisa menikmati suasana yang sejuk serta pemandangan alam pantai yang menyegarkan mata saja, disini pengunjung juga bisa membeli ikan hasil tangkapan nelayan di pasar ikan sekitar pantai. Ada banyak jenis ikan yang bisa didapatkan dengan harga yang tentunya masih bisa ditawar.
Pantai Ayah Kebumen
Pantai Ayah Kebumen

Akses dan Lokasi Pantai Ayah Kebumen

Pantai Ayah atau pantai Logending berlokasi di desa Ayah kecamatan Ayah kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Lokasi pantai ini berjarak sekitar 53 km dari pusat kota kebumen dan sekitar 8 km dari obyek wisata Gua Jatijajar.

Untuk bisa mencapai objek wisata pantai Ayah ini, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi maka jarak dari pusat Kota Kebumen ke lokasi Pantai Ayah sekitar 20 km. Sedangkan jika naik angkutan umum, perjalanan bisa dimulai dari Terminal Kebumen. Dari terminal ini akan ada banyak bus yang melewati obyek wisata pantai Ayah, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam.

Mitos Pantai Ayah

Pantai Ayah yang termasuk bagian pantai selatan laut Jawa erat kaitannya dengan mitos Nyi Roro Kidul. Hal tersebut semakin diyakini masyarakat sekitar dengan adanya bentuk-bentuk peninggalan maupun batu-batuan di pantai Ayah. Salah satunya terdapat batu karang yang diyakini sebagai pintu gerbang masuk Nyi Roro Kidul. Jika dilihat dari kejauhan batu karang tersebut nampak seperti seekor beruang yang sedang minum air laut.

Fasilitas di Pantai Ayah

Terdapat berbagai macam fasilitas di kawasan wisata Pantai Ayah Kebumen diantaranya tempat perkemahan, tempat bersantai, area parkir, musholla, penginapan, sarana permainan anak, tempat persewaan perahu, warung-warung makan, pusat pelayanan informasi wisata dan lain-lainnya.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Ayah

Di kawasan wisata ini, pengunjung bisa berjalan-jalan menyusuri pantai, bermain sepak bola, voli pantai, bersantai dan lainnya.

Setelah puas menikmati suasana pantai, pengunjung bisa menuju kawasan hutan wisata Logending yang terletak puluhan meter dari pantai. Di dalam hutan ini ada berbagai macam tumbuhan yang tergolong langka. Salah satunya adalah tumbuhan mahoni Afrika.

Pada malam harinya, pengunjung bisa berkemah di kawasan hutan jati tersebut. Area perkemahan yang luas, bersih, dan sejuk ini memang dikhususkan bagi wisatawan yang gemar kegiatan camping.
Wisata Pantai Ayah Kebumen
Wisata Pantai Ayah Kebumen

Harga Tiket Masuk Pantai Ayah

Tiket masuk Rp 4.000 untuk orang Dewasa dan Rp 2.000 untuk Anak usia 5 tahun ke bawah.