12+ Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur yang Patut Dikunjungi

12+ Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur yang Patut Dikunjungi - Kediri merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal sebagai pusat perdagangan utama untuk produk gula dan industri rokok. Kota berjulukan "Kota Tahu" ini juga terkenal dengan sejarah berdirinya kerajaan Kediri. Namun siapa sangka dibalik itu semua, Kediri menyimpan banyak tempat wisata yang menarik dikunjungi.

Keindahan alam Kediri mulai dikenal banyak orang salah satunya adalah wisata alam Gunung Kelud. Namun, tak hanya wisata alamnya saja yang bisa anda kunjungi. Masih ada banyak objek wisata Kediri meliputi wisata keluarga, kuliner, sejarah hingga religi yang patut dikunjungi. Penasaran, apa saja sih tempat wisata tersebut?

Berikut rangkuman tempat wisata di Kediri :


1. Gunung Kelud

Gunung Kelud
Gunung Kelud
Sudah pernahkah anda ke Gunung Kelud? Gunung ini menjadi salah satu tujuan tempat wisata di Kediri favorit wisatawan. Selain itu, Gunung Kelud adalah salah satu gunung berapi di Jawa Timur yang masih aktif. Gunung ini terakhir meletus pada awal tahun 2014 yang lalu. Banyak wisatawan yang datang berkunjung ke gunung Kelud ini karena pemandangannya yang indah dan memukau. Mereka yang datang tidak hanya para pendaki saja, tapi juga wisatawan biasa. Selain itu, jalan menuju puncak gunung pun sudah baik dan mudah dilalui karena sudah beraspal. Hal menarik lainnya yaitu saat menuju puncak Kelud, anda akan melewati jalan yang dinamakan mysterious road. Di jalan ini, kendaraan bisa berjalan sendiri meski dalam kondisi netral atau mati. Tentunya fenomena unik dan aneh ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Gunung Kelud masuk dalam 3 wilayah yaitu berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. Jika dari pusat Kediri berjarak sekitar 27 km dengan rute sebagai berikut :
Kediri - Kecamatan Pesantren - Kecamatan Wates - Kecamatan Ngancar- Desa Sugihwaras - Gunung Kelud.

2. Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul
Monumen Simpang Lima Gumul
Kediri punya sebuah monumen yang mirip seperti monumen Arc de Triomphe yang ada di Paris, namanya adalah Simpang Lima Gumul (SLG). Bangunan ini dibangun tahun 2003 dan diresmikan tahun 2008. Meski terbilang baru, Monumen Simpang Lima Gumul sudah populer dan dikenal se-Indonesia. Monumen SLG seringkali menjadi tempat nongkrong di Kediri yang asyik. Selain itu, lokasinya juga cocok untuk hunting foto.

Nama simpang lima diambil karena berada di persimpangan 5 jalan yaitu Gampengrejo, Pare, Pagu, Pesantren dan Plosoklaten. Monumen Simpang Lima Gumul berlokasi di Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri.

3. Gumul Paradise Island

Gumul Paradise Island
Gumul Paradise Island
Gumul Paradise Island berlokasi di sekitar Monumen Simpang Lima Gumul. Tempat wisata di Kediri yang satu ini cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Disini terdapat banyak wahana permainan dan hiburan yang seru diantaranya flying fox, speed slider, kolam renang dan lainnya. Gumul Paradise Island juga sudah dilengkapi fasilitas lengkap. Untuk harga tiket masuknya yaitu Rp 20.000 (orang dewasa) dan Rp 15.000 (anak-anak).

4. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo
Air Terjun Dolo
Air terjun Dolo merupakan wisata air terjun di Kediri yang berada di pegunungan Wilis. Tepatnya berlokasi di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Air terjun setinggi 125 meter ini berada di ketinggian sekitar 1800 meter dibawah permukaan laut. Untuk mencapai lokasi air terjun memang cukup melelahkan karena anda harus trekking dengan jalan yang cukup menanjak. Tak hanya itu, anda pun juga harus melewati turunan anak tangga yang panjang hingga tiba di air terjun.

Namun, semua itu akan dibayar lunas oleh keindahan air terjun Dolo. Selain bisa menikmati air terjun, anda juga bisa berkunjung ke kebun stroberi dan sayuran yang lokasinya tidak jauh dari air terjun Dolo. Disana, anda diperbolehkan memetik buah stroberi lho. Air terjun Dolo adalah salah satu tempat wisata di Kediri yang tidak boleh dilewatkan.

5. Sumber Ubalan

Sumber Ubalan
Sumber Ubalan
Jika anda mencari wisata yang berhubungan dengan alam bisa mengunjungi Sumber Ubalan. Ya, kawasan ini adalah kawasan hutan lindung yang bisa dijadikan tempat untuk menghilangkan penat sembari rekreasi. Disini ada banyak wahana permainan seperti kolam renang, sepeda air, kolam pancing, panggung hiburan dan lain-lain.

Sumber Ubalan berlokasi di Dusun Kalasan, Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri.

6. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng
Goa Selomangleng
Goa Selomangleng merupakan salah satu tempat wisata di Kediri yang berada di kaki Gunung Klotok tepatnya berlokasi di Desa Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Konon, gua ini adalah tempat bertapa Dewi Kilisuci yang merupakan putri dari Raja Erlangga. Hal ini dibuktikan dengan adanya relief yang terdapat di dalam atau luar dinding goa. Selain memiliki nilai sejarah, wisata Goa Selomangleng juga menawarkan keindahan alam yang asri.

7. Candi Surowono

Candi Surowono
Candi Surowono
Lanjut ke wisata Pare Kediri, anda bisa mengunjungi sebuah candi bercorak Hindu bernama Candi Surowono. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke 14 dengan tujuan untuk menghormati Raja Bhre Wengker yang merupakan raja dari kerajaan Wengker. Candi Sorowono berlokasi di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri.

8. Air Terjun Ngleyangan

Air Terjun Ngleyangan
Air Terjun Ngleyangan
Air Terjun Ngleyangan termasuk tempat wisata di Kediri yang tersembunyi. Namun keberadaannya kini sudah mulai dikenal oleh wisatawan. Meski belum didukung fasilitas wisata yang memadai, keindahan air terjunnya tak kalah dengan air terjun Dolo. Air terjun yang juga dikenal dengan nama air terjun Sekartaji ini berada di lereng Gunung Wilis tepatnya di Dusun Goliman, Desa Parang, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. Air terjun ini berada di ketinggian 800 mdpl dengan tinggi air terjun sekitar 123 meter.

Kunjungi juga : 12 Tempat Wisata di Nganjuk yang Menarik Dikunjungi

9. Candi Tegowangi

Candi Tegowangi
Candi Tegowangi
Satu lagi wisata Candi di Kediri yang bisa anda kunjungi yaitu Candi Tegowangi. Sesuai namanya candi ini berlokasi di Desa Tegowangi, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri. Berjarak sekitar 4 km dari pusat Kota Pare Kediri.

Di halaman candi, anda akan menjumpai beberapa arca yaitu Ardhanari, Parwati, Garuda berbadan manusia dan sisa-sisa bangunan candi yang ada di sudut tenggara. Candi Tegowangi ini diyakini sebagai candi beraliran agama Hindu.

10. Air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo
Air Terjun Irenggolo
Tempat wisata di Kediri selanjutnya yang juga menarik dikunjungi yaitu air terjun Irenggolo. Air terjun Irenggolo berada di pegunungan Wilis dengan ketinggian 1200 meter dari permukaan laut. Lokasi air terjun Irenggolo sejalur dengan air terjun Dolo. Aliran air yang mengalir dari tebing-tebingnya setinggi 80 meter membentuk pemandangan alam yang indah. Udaranya yang dingin dan sejuk semakin membuat betah untuk berada di air terjun.

Air terjun Irenggolo berlokasi di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

11. Kediri Waterpark

Kediri Waterpark
Kediri Waterpark
Kediri Waterpark menawarkan berbagai wahana bermain air terbesar yang seru dengan dikelilingi alam pegunungan. Kediri Waterpark juga merupakan wahana wisata air terbesar di provinsi Jawa Timur. Selain itu, juga memiliki papan luncur paling panjang di Indonesia. Tentunya tempat wisata di Kediri ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Wahana permainan yang ada di Kediri Waterpark diantaranya water slide, kolam arus, kolam anak, kolam kaki, kolam plaza, jembatan koi, kolam tsunami, kolam kaki, kolam plaza, colosseum dan masih banyak lainnya.

Untuk tiket masuknya Rp 50.000 (Senin-Jum'at) dan Rp 70.000 (Sabtu, Minggu dan Hari Libur). Sedangkan untuk anak yang memiliki tinggi dibawah 120 cm akan mendapat harga khusus yaitu Rp 15.000. Kediri Waterpark berlokasi di Jl. Raya Pagung, Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri.

12. Arung Jeram Konto Rafting

Arung Jeram Konto Rafting
Arung Jeram Konto Rafting
Ingin tempat wisata di Kediri yang mampu memicu adrenalin? Datang saja ke Dusun Brumbang, Desa Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Disana terdapat wisata arung jeram di sungai Konto bernama Arung Jeram Konto Rafting.

Sungai Konto berada di perbatasan antara Kediri dan Malang. Sungai ini memiliki arus yang cukup deras. Di wisata Arung Jeram Konto ini, anda akan diajak mengarungi sungai sepanjang 11 km dengan melewati 11 jeram. Tak hanya itu, di sepanjang jalan ,mengarungi sungai anda akan melihat pemandangan persawahan dan perbukitan yang asri.

13. Kampoeng Anggrek

Kampoeng Anggrek
Bunga Anggrek di Kampoeng Anggrek
Bagi anda pecinta bunga khususnya Anggrek, bisa datang ke wisata Kampoeng Anggrek yang berlokasi di Dusun Sumberputung, Desa Sempu, Kec. Ngancar, Kab. Kediri. Disini anda bisa melihat indahnya bunga Anggrek dan bunga-bunga lainnya yang ditempatkan di sejumlah green house. Tak hanya menikmati keindahan bunganya saja, anda bisa membeli bunga Anggrek yang telah dibudidayakan dengan harga terjangkau. Asyiknya lagi, anda juga bisa belajar cara budidaya dan mengenali tanaman Anggrek. Seru kan?

14. Bukit Dhoho Indah

Bukit Dhoho Indah
Bukit Dhoho Indah
Tempat wisata di Kediri yang satu ini sangat cocok untuk mereka yang ingin rekereasi bersama anaknya. Bukit Dhoho Indah atau juga dikenal dengan nama BDI Kediri ini menawarkan wisata alam yang dilengkapi dengan sejumlah wahana permainan dan kolam pemancingan. Selain itu, disini juga terkenal dengan wisata hammock nya yang gratis bagi anda yang ingin merasakan sensasi bergelantungan di pohon.

Wisata Bukit Dhoho Indah di Kediri ini tergolong masih masih baru dan sudah dilengkapi sejumlah fasilitas diantaranya kolam pancing, hammock,permainan anak, warung makan, gazebo dan lain-lainnya. Jika anda ingin datang ke Bukit Dhoho Indah Kediri, langsung saja menuju Desa Tiron, Kec. Banyakan, Kab. Kediri.

15. Bukit Kura-Kura Ongakan

Bukit Kura-Kura Ongakan
Bukit Kura-Kura Ongakan
Bukit Ongakan merupakan salah satu dari sejumlah tempat wisata di Kediri yang menawarkan pemandangan alam pegunungan yang merupakan sisi lain dari Gunung Kelud. Di puncak yang berada di ketinggian sekitar 860 mdpl ini, anda bisa melihat gugusan bukit yang berjajar mirip seperti punggung kura-kura. Oleh karena itu dinamakan Bukit Kura-Kura. Selain itu, panorama lainnya yang tak kalah indah saat berada di puncak Onga'an adalah pemandangan waduk selorejo dan puncak Gunung Kelud.

Bukit Kura-Kura Ongakan terletak di Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Tempat yang satu ini akhir-akhir ini memang sedang hits.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Kediri yang wajib anda kunjungi bersama keluarga, teman, maupun orang-orang tercinta. Setelah dari Kediri, anda bisa menengok wisata kota sebelahnya yaitu Tulungagung. Kunjungi 23 Tempat Wisata Populer di Tulungagung.