Obyek Wisata Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan

Obyek Wisata Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan - Kawasan Prigen Pasuruan dikenal sebagai daerah yang kaya akan tempat wisatanya. Selain air terjun Kakek Bodo dan Taman Safari Prigen masih ada wisata yang tak kalah menariknya yaitu air terjun Putuk Truno.

Air terjun setinggi 45 meter ini masuk dalam kawasan wisata Tretes yang berada di kaki Gunung Welirang dan Arjuno. Letaknya tidak jauh dari air terjun Kakek Bodo hanya berjarak sekitar 400 meter. Selain melihat keindahan air terjun, anda akan disuguhi pemandangan alam sekitar yang masih alami dengan tebing-tebing menjulang tinggi.

Air terjun Putuk Truno juga dikenal memiliki air yang segar dan jernih sehingga batu-batuan yang terdapat di dalam air bisa terlihat dengan jelas.
Air Terjun Putuk Truno Prigen
Air Terjun Putuk Truno Prigen

Lokasi Air Terjun Putuk Truno Prigen

Air terjun Putuk Truno berlokasi di Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Akses dan Rute Menuju Air Terjun Putuk Truno

Akses menuju air terjun Putuk Truno terbilang mudah karena jalannya yang sudah beraspal baik. Selain itu, lokasinya yang dekat dengan jalan raya juga membuatnya mudah ditempuh. Untuk rute perjalanannya yaitu dari Pasuruan Kota menuju Kecamatan Prigen tepatnya menuju Polsek Prigen. Setelah sampai di Polsek Prigen akan ada pertigaan dan pilih jalur kiri yang mengarah ke lokasi air terjun. Sekitar 200 meter akan ada papan nama air terjun Putuk Truno dan tiba di lokasi.

Jika dari Surabaya rutenya yaitu : Surabaya - Sidoarjo - Porong - Gempol - Prigen - Air Terjun Putuk Truno
Air Terjun Putuk Truno di Prigen Pasuruan
Air Terjun Putuk Truno di Prigen Pasuruan

Legenda Air Terjun Putuk Truno

Dibalik keindahan dari air terjun Putuk Truno rupanya tersimpan sejarah atau legenda. Konon nama air terjun ini diambil dari mitos seseorang laki-laki bernama Joko Taruno yang bertapa di sekitar air terjun hingga menjelma menjadi ular (Putuk).

Kisahnya yaitu hubungan Joko Taruno dan Sri Gading Lestari tidak mendapat persetujuan dari ayah Sri Gending Lestari yaitu Raden Arya Wiraraja (Adipati Madura) karena Joko Taruno hanyalah seorang biasa bukan keturunan raja maupun ratu. Namun cinta Joko Taruna pada Sri Gading Lestari begitu dalam sehingga ia bertekad untuk menjadikannya istri.

Dengan keyakinan cinta yang dimilikinya, akhirnya Joko Taruno memutuskan untuk bertapa memohon bantuan kepada Sang Penguasa Jagad. Ditengah tengah proses pertapaannya, tiba-tiba tubuhnya berubah menjadi seekor ular.

Singkat cerita, doa Joko Taruna pun dikabulkan. akhirnya Sri Gading Lestari melarikan diri dan bertemu dengan Joko Taruno. Keduanya bertemu di sebuah air terjun yang kini dikenal dengan nama Air Terjun Putuk Truno atau juga dikenal dengan nama Air Terjun Keabadian. Putuk berarti Ular dan Truno diambil dari Nama Taruno.

Banyak mitos yang beredar mengenai air terjun Putuk Truno salah satunya yaitu bisa mendapat berkah berupa keabadian cinta atau hubungan dengan pasangannya awet bagi siapa yang berendam dibawah air terjun.

Fasilitas di Air Terjun Putuk Truno Prigen

Di sekitar lokasi air terjun terdapat beberapa fasilitas penunjang wisata diantaranya kamar mandi, taman, tempat berteduh, bangku, warung dan lainnya.
Papan Nama Air Terjun Putuk Truno
Papan Nama Air Terjun Putuk Truno

Harga Tiket Masuk Air Terjun Putuk Truno

Untuk bisa memasuki kawasan wisata air terjun Putuk Truno, pengunjung harus membayar tiket masuk Rp. 10.000 per orang. Selain itu, juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan yaitu sepeda motor Rp 2.000 dan Mobil Rp 5.000.

Masih di Jawa Timur, anda bisa melancong ke Malang untuk menikmati hamparan kebun teh Wonosari yang indah.