Menikmati Suasana Tenang di Danau Ranu Agung Probolinggo

Menikmati Suasana Tenang di Danau Ranu Agung Probolinggo - Danau Ranu Agung merupakan salah satu tempat wisata di Probolinggo yang menarik dikunjungi. Danau ini terbentuk akibat letusan Gunung Lemongan yang hingga kini masih berstatus aktif. Jika diperhatikan sekilas, Danau Ranu Agung memang tampak seperti mangkuk layaknya bekas kawah.

Pemandangan yang alami, udara yang sejuk ditambah suasana yang tenang semakin membuat pengunjung yang datang betah berlama-lama di danau ini. Selain itu, adanya tebing-tebing yang tinggi disisi danau juga semakin menjadikan Danau Ranu Agung terlihat indah bagaikan lukisan dalam sebuah pigora.

Meski jalan menuju Danau Ranu Agung cukup sulit dan melelahkan, semua itu akan terbayar lunas saat Anda sudah tiba di lokasi danau dan melihat ke-eksotisan pemandangannya.
Wisata Danau Ranu Agung Probolinggo
Wisata Danau Ranu Agung Probolinggo

Lokasi Danau Ranu Agung Probolinggo

Danau Ranu Agung berlokasi di Desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Berjarak sekitar 40 km dari pusat Kota Probolinggo.

Akses dan Rute Menuju Danau Ranu Agung

Akses menuju Danau Ranu Agung cukup sulit karena kondisi jalan yang sedikit sempit dan berbatu. Tetapi jalan ini bisa dilalui kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat hingga sampai diparkiran tepat diatas danau. Disarankan menggunakan sepeda motor, mengingat jalannya yang cukup sempit.

Untuk rutenya yaitu Kota Probolinggo - Kecamatan Krucil - Kecamatan Tiris - Desa Ranu Agung - Danau Ranu Agung.

Kunjungi juga: Wisata BJBR Probolinggo yang sedang Hits

Fasilitas di Danau Ranu Agung

Di kawasan wisata Danau Ranu Agung Probolinggo belum terdapat fasilitas pendukung seperti musholla, toilet, warung dan lainnya. Oleh karena itu, pengunjung harus membawa bekal sendiri apabila ingin makan dan minum.
Danau Ranu Agung di Probolinggo
Naik Perahu Gethek di Danau Ranu Agung Probolinggo

Berkeliling Danau Menggunakan Perahu Bambu

Kegiatan favorit yang biasa dilakukan pengunjung saat berwisata ke Danau Ranu Agung yaitu berkeliling danau dengan menggunakan perahu dari bambu atau disebut juga gethek. Untuk naik perahu ini, pengunjung harus membayar Rp 10.000 per orang.

Selain bisa menikmati pemandangan alam danau yang tenang dan menawan, anda juga akan disuguhkan panorama Gunung Lemongan dengan cukup jelas. Tidak sedikit pula, pengunjung yang datang menyempatkan berselfie di tengah danau saat naik perahu gethek.
Danau Ranu Agung Probolinggo
Danau Ranu Agung Probolinggo

Harga Tiket Masuk Danau Ranu Agung Probolinggo

Wisata Danau Ranu Agung masih dikelola oleh pemerintah desa dan masyarakat desa setempat. Saat menuju Danau Ranu Agung, anda akan dikenakan biaya tiket masuk Rp 3.000.